Sabtu, 16 Juni 2012

EKONOMI PERENCANAAN


ð  Ekonomi Perencanaan adalah bagian dari ilmu yang membahas tentang pengaturan dan pengendalian ekonomi.
ð  Keberhasilan ekonomi dilihat dari sampai sejauh mana keberhasilan pembangunan. Karna pembangunan menjadikan perekonomian lebih maju.
ð  Pembangunan =
Sektor publik
Sektor Privat


Menurut Para Ahli
1.      M. Congers & Hills
Perencanaan adalah proses yang berbagai yang kontinyu yang terdiri dari keputusan/ pilihan dari berbagai cara untuk menggunakan sumber daya alam yang ada dengan sasaran untuk mencapai tujuan tertentu di masa yang akan datang.
2.      M. Todaro
Perencanaan adalah upaya pemerintah secara sengaja mengkordinir pengambilan keputusan ekonomi dalam jangka panjang serta memengaruhi, mengatur dan dalam beberapa hal mengontrol tingkat dan laju pertumbuhan. Berbagai variabel ekonomi yang utama untuk mencapai pembangunan yang telah ditentukan sebelumnya. (teori partisipatif).

3.      Menurut Jhingan
Perencanaan adalah teknik atau cara untuk mencapai tujuan untuk mewujudkan maksud dan sasaran tertentu yang telah dirumuskan sebelumnya dengan baik oleh Badan Perencana. Tujuan tersebut mungkin untuk mencapai sasaran social, politik dan sebagainya.
4.      Menurut RP. Mirza
Perencanaan adalah suatu proses yang diatur untuk mencapai tujuan pembangunan tidak jelas. Maka perencanaan akan merupakan kegiataan yang menyimpang.

5.      Menurut Tjokro Amidjojo
Perencanaan pembangunan akan dicapai melalui perumusan dan pelaksanaan berbagai kebijaksanaan dan program – program pembangunan yang konsisten yang berdasar atas pada penanganan prioritas. Hal ini dapat dicapai apabila masyarakat terlibat secara aktif.
6.      Menurut Haeruman
Perencanaan Pembangunan merupakan upaya untuk merubah keadaan yang dapat di lakukan oleh Pemerintah bersama masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu melalui instrument – instrument yang telah disepakati.


Tahapan tahapan dalam Proses Perencanaan
1.      Tahap Penyusun Rencana
a.       Tinjauan Keadaan (Observasi)
b.       
2.      Penyusunan Program Rencana
3.      Tahap Pelaksanaan Rencana
4.      Tahap Pengawasan Atas Pelaksanaan Rencana
5.      Evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar